Kabar Lain

5 Tips pola gaya hidup sehat sebagai upaya penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Juni 27, 2018

  5 Tips pola gaya hidup sehat sebagai upaya penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Kesehatan tubuh sangat penting bagi kita. Ketika tubuh sehat maka segala aktivitas yang ingin kita lakukan bisa terlaksana sesuai keinginan kita serta dapat menjadikan kita sebagai pribadi yang produktif, dinamis, kreatif dan inovatif. Namun, apa jadinya jika kita terserang suatu penyakit atau mengalami sakit yang cukup lama, maka akan menghambat bahkan ‘ mematikan ‘ diri kita yang ingin bekerja. Maka, untuk itu kesehatan tubuh sangatlah penting. Dan kesehatan itu sangat ‘mahal’, jika kita tidak tahu bagaimana menjalani pola hidup yang sehat. Dan semua ini jauh akan lebih mahal ketika kita jatuh sakit. Dengan demikian menjaga kesehatan itu sangat perlu.

Ada 5 Tips pola gaya hidup sehat sebagai upaya penting dalam menjaga kesehatan tubuh yang bisa kita lakukan dalam hidup kita, antara lain :

1. Lakukan Olah raga secara rutin

Kebanyakan kita agak malas berolahraga, ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan seperti tidak ada waktu khusus berolah raga, terlalu sibuk dengan pekerjaan, kurang tidur, cepat merasa lelah, dan sebagainya. Padahal berolahraga tidak harus dengan olahraga yang berat, cukup dengan melakukan kegiatan berjalan minimal 1000 langkah di pagi hari, senam ringan, atau olahraga yoga. Rutin berolah raga membantu membakar kalori dan lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh serta dapat membentuk bentuk tubuh yang ideal.

Untuk menjalani gaya hidup sehat perlu meluangkan waktu untuk berolahraga, karena dengan berolahraga tubuh akan menjadi lebih fit dan bugar. Menjalani gaya hidup sehat tidak akan lengkap jika tidak berolahraga.

2. Atur pola makan dan pola tidur anda
 
Aktivitas yang berlebihan dan kurangnya waktu beristirahat dapat menyebabkan terganggunya proses metabolisme tubuh yang baik. Salah satu hal yang dapat menyebabkan terganggunya proses metabolisme adalah waktu tidur yang kurang atau tidak cukup. Hentikan kebiasaan begadang dan tidur larut malam, normalnya manusia membutuhkan waktu tidur 7-8 jam dalam sehari. Kurangi bermain gadget ketika anda hendak tidur, kebiasaan menggunakan gadget pada waktu akan tidur akan mengurangi jatah waktu tidur anda.

Selain mengatur waktu tidur, pola makan juga perlu disesuaikan. Kita perlu makan makanan yang bernutrisi dan bukan hanya sekedar kenyang. Pilihlah makanan yang mengandung nutrisi yang baik dan jumlah kalori yang tepat yang dibutuhkan bagi tubuh.


3. Penuhi kebutuhan jumlah air minum anda.

Kebutuhan air minum yang tercukupi bagi tubuh adalah sangat penting diperhatikan. Air minum yang dimaksud disini adalah air putih yang kita konsumsi. Idealnya, manusia membutuhkan -+ 2 - 3 liter perharinya. Namun kebutuhan air minum setiap kita berbeda,  cara mengukur berapa jumlah kebutuhan air minum yang kita butuhkan sebenarnya mudah. Caranya adalah sebagai berikut :

50 ml x Berat Badan Tubuh.

Contoh :

Berat badan saya adalah 70 Kg. Maka kebutuhan air minum saya perhari adalah :

50 ml x 70 Kg = 3500 ml = 3, 5 L*

*Karena hitungan volume air adalah Liter.

4. HIndarkan kebiasaan buruk yang menganggu kesehatan anda.

Banyak kebiasaan buruk yang sebenarnya dapat mengganggu atau mengurangi kualitas kesehatan kita, seperti merokok, minuman keras, terlalu sering begadang, bermain game terlalu lama, terlalu sering makan makanan cepat saji ( junk food ), dan sebagainya. Semua ini perlu kita kurangi dan hindarkan agar kualitas kesehatan kita baik dan maksimal.

5. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan

Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan kita. Karena sayuran dan buah-buahn memiliki berbagai macam jenis Vitamin dan mineral dan zat-zat lain yang dibutuhkan tubuh, terutama sayuran dan buah-buahan yang memiliki kadar serat tinggi yang dapat membantu kesehatan pencernaan tubuh kita.

kelima poin diatas adalah 5 Tips pola gaya hidup sehat sebagai upaya penting dalam menjaga kesehatan tubuh yang rutin saya lakukan. Bagi saya menjaga kesehatan itu penting, sebelum datangnya sakit. Jika kita sakit, maka akan berpengaruh kepada kualitas produktifitas dan kegiatan kita. Selain itu mahal nya biaya pengobatan turut mempengaruhi 'kantong' keuangan kita. Bagaimana dengan anda ?


Independent Herbalife Member

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Yuk Bahas Bahasa Inggris

R̼e̼k̼o̼m̼e̼n̼d̼a̼s̼i̼ B̼u̼k̼u̼ G̼r̼a̼m̼e̼d̼i̼a̼.com

Kunjungi

Rekomendasi Buku