Kabar Lain

7 Alasan Kenapa Anda Harus Punya Blog - Sebuah saran

Februari 18, 2018
7 Alasan Kenapa Anda Harus Punya Blog - Sebuah saran
Kegiatan blogging adalah kegiatan yang memberikan 'kenikmatan' tersendiri bagi orang-orang yang memiliki hobi menulis. Kalo bisa saya katakan, blog bisa menjadi sarana menuangkan aspirasi, ide atau pun opini serta saran kepada pembacanya.

Begitu juga bagi saya, aktivitas blogging saya jadikan sebagai kegiatan yang menyenangkan karena saya senang menulis, membaca, serta berbagi ilmu kepada orang lain. Untuk itulah aktivitas ngeblog sering saya lakukan di saat saya memiliki waktu senggang atau luang. Ada 7 alasan kenapa anda harus punya blog menurut saya berdasarkan apa yang sudah saya alami.

1. Memiliki blog sebagai media aktualisasi diri.
Bagi anda yang senang menulis seperti saya, tentu sering menuangkan ide pikiran anda atau pun berbagi hal yang anda tahu kepada orang lain atau juga memberikan suatu kritikan tentang hal yang lagi update terjadi. Blog bisa menjadi media bagi anda dalam mengaktualisasi diri anda.

2. Blog bisa dijadikan sarana berbagi ilmu.
Banyak orang yang memiliki skill atau ketrampilan dan ingin berbagi ilmu dengan orang lain, media blog bisa dijadikan sarana. Saya sendiri menggunakan blog untuk berbagi ilmu yang terkait dengan bahasa Inggris karena saya memang  menguasai ilmunya.

3. Banyak baca, banyak tahu dan bisa menulis.
Kegiatan blogging, identik dengan kegiatan membaca. Dengan banyak membaca akan membuat kita menjadi lebih banyak mengetahui banyak hal terutama dengan bacaan yang berkaitan dengan skill atau kemampuan kita. Bacaan yang saya maksud disini adalah buku-buku atau atau artikel dari internet. Hal ini bisa memberikan ide buat kita untuk menulis di blog yang kita miliki. Dan ini yang sering saya lakukan, bagaimana dengan anda ?

4. Sebagai sarana promosi dan portofolio.
Bagi anda seorang profesional yang memiliki keahlian tertentu. Blog bisa dijadikan sebagai media promosi dan portofolio diri anda dalam menawarkan jasa atas keahlian anda. Dengan blog dan bantuan sosial media, orang lain atau calon pelanggan anda dapat mengenal anda lebih banyak.

5. Blog bisa menjadi sarana menjalin pertemanan bagi sesama blogger.
Bagi anda yang sudah atau akan memulai memiliki blog. blog bisa dijadikan sebagai media pertemanan bagi anda dan orang lain yang memiliki blog, saling membaca dan berkomentar positif  di blog orang lain akan memberikan respon positif bagi pemilik blog.

6. Dengan blog anda bisa meraup penghasilan.
Saya tidak akan terlalu bahas ini secara detil, karena anda bisa mencari artikel ini tentang ini di Google. Poin yang ingin saya sampaikan adalah, anda bisa melakukan monetisasi pada blog yang anda miliki, apakah itu dengan iklan PPC, Afliasi, Paid review, dan sebagainya. Banyak sumber yang bisa anda lakukan untuk memberikan penghasilan dari blog yang anda miliki. Tapi anda harus sadari bahwa diperlukan kerja keras dan persistensi dalam melakukannya. Mendapatkan penghasilan dari internet itu tidaklah mudah tapi bisa terjadi pada anda dan juga saya. 

7. Memiliki blog, anda akan belajar tentang strategi pemasaran via internet dan etika publikasi.
Setelah punya blog, anda tentu akan menulis diblog anda apalagi jika anda rajin menulis dan konsisten melakukannya, tentunya banyak artikel anda yang bisa dibaca oleh banyak orang. Namun perlu anda ketahui, banyak artikel saja tidak cukup jika tidak ada yang membacanya. Untuk itu anda perlu melakukan strategi pemasaran internet dan kegiatan SEO ( Search Engine Optimization ) atau Optimisasi di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya. Dan ini bisa anda ketahui dari banyak sumber di internet atau menggunakan jasa pakar SEO untuk blog anda.

Selain itu dalam kegiatan menulis, anda akan belajar bagaimana beretika dalam menulis dengan tidak melakukan plagiat tulisan, menyudutkan pihak tertentu atau lembaga tanpa bukti yang otentik, melakukan makar via tulisan, dan banyak hal lain yang bisa 'menjatuhkan' integritas diri anda sendiri dimata pembaca anda. Selain itu juga bisa berimbas proses hukum jika ada pihak yang tidak terima dengan pendapat anda atau tuduhan yang anda tuliskan diblog anda tanpa data yang kuat. So, etika dan kehati-hatian dalam menulis juga diperlukan ketika menjadi seorang blogger.

Demikian 7 alasan kenapa anda harus punya blog menurut saya. Jika menurut anda tulisan saya ini bermanfaat untuk anda, anda bisa ikuti saran saya ini. Kritik dan saran positif dari anda akan senang saya terima. Silakan dishare jika tulisan saya ini bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Yuk Bahas Bahasa Inggris

R̼e̼k̼o̼m̼e̼n̼d̼a̼s̼i̼ B̼u̼k̼u̼ G̼r̼a̼m̼e̼d̼i̼a̼.com

Kunjungi

Rekomendasi Buku